7 Cara Masuk FYP TikTok 2022 dan Jadwalnya Hari Ini, Auto Viral!

Gaben.id – For You Page atau FYP TikTok adalah fitur unggulan dari sosial media TikTok. Di tempat ini, pengguna dapat menemukan deretan video singkat yang sedang viral dan memiliki banyak penonton. Kalau Anda termasuk pengguna TikTok, tentunya sudah sangat akrab dengan fitur satu ini.

Banyak orang, khususnya influencer, yang mencoba berbagai cara agar kontennya bisa masuk ke FYP. Dengan begitu Anda dapat dikenal lebih luas oleh pengguna lainnya. Lantas, bagaimana cara agar bisa masuk ke laman ini? Bagi yang masih berpikir itu karena kebetulan atau hoki, pastikan simak artikel ini!

Apa Arti FYP TikTok?

Apa-Arti-FYP-TikTok

For You Page merupakan fitur asyik yang bisa ditemukan di TikTok, nama lainnya adalah FYP. Halaman ini adalah halaman pertama yang dilihat oleh pengguna ketika membuka aplikasi. Singkatnya apabila video Anda masuk ke FYP, jumlah penonton akan melonjak drastis. 

Deretan video ini umumnya berasal dari pengguna lain. Ada pula dari orang yang Anda ikuti bahkan teman-teman Anda sendiri. Kalau dibandingkan dengan jejaring sosial lain, FYP ini hampir mirip dengan halaman Explore milik Instagram.

Konten yang muncul disini disesuaikan dengan minat dan ketertarikan Anda. Inilah mengapa penting untuk melakukan riset audiens sebelum membuat konten. Tentu menyesakkan jika sudah buat konten bagus-bagus, tetapi hanya menjangkau sedikit audiens karena preferensi yang tidak sejalan.

Pengguna menghabiskan cukup banyak waktu pada halaman ini, melakukan scrolling tanpa henti, sehingga menjadikan tempat ini sebagai tempat sebagian besar konten ditemukan pengguna.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma FYP?

Bagaimana-Cara-Kerja-Algoritma-FYP

Ada yang berpikir bahwa konten yang masuk ke FYP itu berkat keberuntungan. Nyatanya peluang konten masuk ke FYP TikTok 2022 dipengaruhi oleh beberapa hal. Secara umum, berikut adalah faktor-faktor yang diperhitungkan oleh algoritma halaman FYP:

BACA JUGA:  Zolaxis Patcher APK Download Latest 2022 Injector ML, dll

1. Interaksi pengguna 

Yang tergolong sebagai interaksi pengguna mencakup Suka, Bagikan, Komentar dan Ikuti. Semakin tinggi interaksi ini, maka peluang konten masuk FYP semakin tinggi. 

Sebaliknya, jika ada pengguna yang mengklik opsi “Tidak Tertarik”, konten Anda memiliki persentase kecil muncul pada FYP pengguna tersebut.

2. Informasi video 

Rekomendasi yang muncul pada halaman FYP turut dipengaruhi juga oleh tagar, lagu atau suara dan teks yang dipakai dalam membuat konten.

3. Pengaturan akun

Apabila pengaturan bahasa dan lokasi negara Anda berbeda dengan pengaturan target audiens, besar kemungkinan kalau konten tidak muncul pada FYP sasaran. Pasalnya, pengguna mengharapkan konten yang bersifat lokal.

Terlepas dari faktor yang mendukung algoritma FYP, ada beberapa faktor yang sama sekali tidak meningkatkan peluang masuk ke FYP, yaitu:

  • Jumlah pengikut
  • Memiliki riwayat konten yang sering masuk FYP

Cara Ampuh Masuk Ke FYP TikTok

Banyak kreator yang berlomba-lomba membuat konten berkualitas tinggi agar kontennya masuk ke FYP. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri ketika konten berhasil muncul ke FYP. Berikut beberapa tips ampuh yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan peluang masuk ke FYP: 

1. Buat Video Singkat

Buat-Video-Singkat

Ingat, dibutuhkan interaksi yang tinggi agar konten Anda viral. Salah satu kunci konten yang viral adalah banyak ditonton. Dalam hal ini, durasi video memiliki pengaruh yang cukup kuat. 

Sebaiknya membuat video berdurasi singkat, dengan begitu pengguna lebih berpeluang untuk menonton konten Anda sampai habis.

Pengguna cenderung kurang tertarik jika konten yang Anda buat mencapai 5 menit. Memang tidak semua video bisa dipaksakan menjadi 15 detik, tetapi begitulah aturan emasnya.

2. Kenali Target Audiens

Kenali-Target-Audiens

Tidak ada FYP TikTok yang sama antara satu dengan yang lain. Setiap pengguna memiliki FYP yang berbeda, tergantung dari preferensi masing-masing. Satu hal yang perlu diingat sebagai kreator TikTok adalah memahami siapa dan apa ketertarikan audiens Anda.

BACA JUGA:  500++ Kode Penukaran Domino Higgs Online Dapat Chips Gratis

Informasi ini dapat menjadi bekal agar konten Anda berhasil menyasar audiens yang tepat. Coba periksa laporan analitis TikTok mengenai lokasi dan jenis kelamin audiens untuk membantu menentukan konten yang sesuai.

Tak lupa luangkan waktu untuk melihat apa yang sedang viral, dan catat juga strategi apa yang dilakukan oleh pesaing Anda dalam menjangkau konsumen, misalnya Anda membuka toko online.

3. Tidak Ketinggalan Tren

Tidak-Ketinggalan-Tren

Sebagai seorang kreator TikTok, Anda tidak boleh tinggal diam dan “buta” tentang apa yang sedang viral di TikTok. 

Apalagi jejaring sosial ini kerap menjadi awal viralnya sebuah konten sebelum menjalar ke platform sosial media lainnya. Membuat konten yang ketinggalan zaman cenderung membuat penonton kurang tertarik.

4. Pos di Jam-jam Emas FYP 

Pos-di-Jam-jam-Emas-FYP

Mengunggah konten di jam-jam prima akan mendongkrak peluang konten Anda masuk ke FYP. Siapa yang tidak ingin kontennya memiliki banyak penonton dan tinggi akan interaksi? Apabila Anda berkeinginan yang sama, ada baiknya mengetahui jam-jam emas ini.

Pada dasarnya, jam-jam emas merupakan waktu dengan tingkat pengguna aktif paling tinggi. Namun perlu diketahui, jadwal jam emas FYP dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti lokasi, jam aktif audiens secara lokal hingga demografi.

Menurut kebanyakan sumber terpercaya, jadwal FYP TikTok April 2022 Indonesia dapat dilihat pada tabel berikut ini:

HariJam
Senin12.00-13.00
Selasa15.00-16.00 dan 19.00-21.00
Rabu11.00-12.00 dan 20.00-21.00
Kamis12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00
Jumat11.00-12.00 dan 19.00-22.00
Sabtu09.00-11.00 dan 19.00-21.00
Minggu 07.00-11.00 dan 16.00-21.00

5. Berkolaborasi dengan Kreator Lain

Berkolaborasi-dengan-Kreator-Lain

Tips selanjutnya cukup ampuh untuk menjangkau audiens baru secara luas. Mengadakan kolaborasi dengan kreator lain juga bisa meningkatkan peluang masuk ke FYP TikTok 2022.

BACA JUGA:  8 Cara Download Video TikTok No Watermark dan Convert ke MP3

Sebelum Anda terlalu bersemangat untuk mengadakan kolaborasi, pastikan memilih kreator yang lebih mapan di atas Anda dan biarkan mereka berperilaku selayaknya diri mereka sendiri alias tidak dipaksakan.

Ajaklah kreator tersebut untuk membuat video yang interaktif, menarik dan berkualitas tinggi. Biasanya konten kolaborasi memuat unsur lelucon dan memanfaatkan tren, dengan begitu penonton tidak mudah jenuh menyaksikan konten Anda.

6. Deskripsikan dengan Teks yang Menarik

Deskripsikan-dengan-Teks-yang-Menarik

Anda hanya memiliki beberapa detik saja untuk menarik pengguna agar mau menonton video Anda. Jika teks alias caption terlalu panjang, penonton akan keburu bosan dan akhirnya men-skip video. Ini bukanlah sesuatu yang diinginkan.

Untuk masuk ke halaman FYP TikTok, dibutuhkan caption yang mengundang rasa penasaran. Susunlah teks yang efektif, menarik dan mudah dipahami sehingga penonton terpancing untuk melihat video Anda.

Caption yang bagus bisa berbentuk pertanyaan, sebagai contoh “bagaimana aku mendapatkan kulit glowing dalam satu minggu” dan sejenisnya. 

7. Gunakan Suara/Lagu yang Sedang Viral

Gunakan-SuaraLagu-yang-Sedang-Viral

Efek suara dan lagu adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari konten video TikTok. Menggunakan audio yang sedang viral akanmendorong peluang konten masuk ke FYP.

Bagaimana jika kasusnya Anda tidak mengetahui audio apa yang sedang tren? Tidak perlu khawatir, tersedia tab Discovery yang bisa Anda jelajahi. 

Untuk menggunakan audio yang sedang viral, cukup dengan mengklik ikon audio pada sudut kanan bawah, dan Anda akan dialihkan ke halaman berisi video-video yang menggunakan audio tersebut.

Sudah jelas, bukan? Bahwa konten yang masuk FYP TikTok bukan karena untung-untungan, tetapi berkat kerja keras, riset mendalam dan yang terpenting relevansi dengan ketertarikan audiens. Silakan terapkan tips-tips di atas langsung pada konten Anda dan lihat perubahannya.